[Review] Autumn Once More - Ilana Tan, Ika Natassa, Aliazalea, dkk.

Title of Book : Autumn Once More
Author : Ilana Tan, Ika Natassa, Aliazalea, dkk.
Publisher : PT Gramedia Pustaka Utama

Cinta < adj >: suka sekali; sayang benar; kasih sekali; terpikat.
Ada bahagia dan kepedihan dalam cinta. Cinta yang terpendam menimbulkan resah, pengkhianatan pun tak lepas dari cinta, atau bahkan cinta berlebihan sehingga menyesakkan. Galau dan rindu pun dituturkan dalam ribuan kata di buku ini.
Autumn Once More membawa kita ke banyak sisi cinta dari kumpulan pengarang, mulai dari pengarang profesional hingga editor yang harus jadi pengarang “dadakan” dan menunjukkan kreativitas mereka dalam tema abadi sepanjang masa.
Inilah tumpahan rasa dan obsesi karya aliaZalea, Anastasia Aemilia, Christina Juzwar, Harriska Adiati, Hetih Rusli, Ika Natassa, Ilana Tan, Lea Agustina Citra, Meilia Kusumadewi, Nina Addison, Nina Andiana, Rosi L. Simamora, dan Shandy Tan.


Autumn Once More adalah kumpulan cerita pendek karya penulis-penulis metropop seperti Ilana Tan dan Ika Natassa. Buku ini terdiri dari 13 cerita pendek yaitu Be Careful What You Wish For, Thirty Something, Stuck With You, Jack Daniel's vs Orange Juice, Tak Ada yang Mencintaimu Seperti Aku, Critical Eleven, Autumn Once More, Her Footprints on Her Heart, Love is a Verb, Perkara Bulu Mata, The Unexpected Surprise, Senja yang Sempurna, dan Cinta 2x24 Jam. Mayoritas cerita pendek yang ada memiliki tokoh utama wanita twenty-something atau thirty-something sehingga tema yang disuguhkan agak .. ehm serius. Bukan sekedar cinta-cintaan remaja yang menye-menye gitu.
Dari 13 cerita pendek jelas ada beberapa yang menjadi favorit saya. Jack Daniel's vs Orange Juice karya Harriska Adiati menurut saya adalah cerpen paling kocak dari semua cerita yang ada pada buku ini. Walaupun ceritanya sedikit FTV tapi menghibur banget. Si tokoh utama adalah pria yang rela ngubah gaya hidupnya gara-gara jatuh cinta dengan anak pak Haji. Cerpen favorit saya lainnya yaitu Critical Eleven karya Ika Natassa. Saya suka analogi istilah critical eleven dalam dunia penerbangan dengan menit-menit ketika kita bertemu dengan orang baru.
Love is a Verb karya Meilia Kusumadewi juga menurut saya tak kalah menarik. Gara-gara cerpen ini, saya langsung penasaran sama lagunya John Mayer yang berjudul sama. I love the song. Kemudian ada Cinta 2x24 jam karya Shandy Tan. Waktu saya baca cerpen itu, I was like 'whaaat?!'. I was surprised, in a good way. Lucu, terutama di akhir cerita, yang nggak seru kalau saya ceritakan di sini :P. Untuk Autumn Once More sendiri, yang diambil sebagai judul buku, adalah side story dari novel Autumn in Paris karya Ilana Tan. Saya sudah baca keempat novel seasonsnya Ilana Tan, and I like them. Err berhubung uda lama banget bacanya, jadi lupa-lupa inget waktu baca Autumn Once More. But It's nice. Overall, I like this book. Cocok banget dibaca santai sambil ngeteh ato ngopi mungkin (paradise, haha). 



No comments :

Post a Comment