[Review] Pembunuhan ABC (The ABC Murders) - Agatha Christie

Title of Book : Pembunuhan ABC (The ABC Murders)
Author : Agatha Christie
Publisher : Gramedia Pustaka Utama

A berarti Andover... dan Mrs. Ascher dipukul sampai mati. B berarti Bexhill... dan Betty Barnard mati dicekik. C berarti Churston... dan Sir Carmichael Clarke ditemukan terbunuh. Di samping tubuh masing-masing korban diletakkan sebuah buku Panduan Kereta Api ABC, terbuka pada halaman yang menunjukkan tempat pembunuhan. polisi tak berdaya. Tapi si pembunuh telah membuat kesalahan besar. Dia berani menantang Hercule Poirot untuk membuka kedoknya...



Pembunuhan ABC merupakan salah satu karya Agatha Christie dengan Hercule Poirot sebagai tokoh utama. Mr. Poirot mendapat surat misterius yang memperingatkan sekaligus menantang Poirot untuk memecahkan misteri pembunuhan yang katanya akan terjadi. Surat misterius tersebut datang tidak hanya sekali. Parahnya, tiap surat benar-benar diikuti oleh satu pembunuhan. Ditemani kapten Hastings, Poirot kemudian berusaha memecahkan misteri yang konon mengingatkan mereka akan kasus Jack the Ripper.
Seperti biasa Hercule Poirot tampil dengan caranya yang unik dan tetap dengan mengandalkan sel-sel kelabu dalam memecahkan sebuah kasus. Kapten Hastings pun tidak terlalu memaksa Poirot untuk memberitahu pemecahan kasus seperti di buku Poirot-Hastings yang lain. Setengah bagian pertama buku sedikit membingungkan bagi saya, in a good way. Terasa seperti terlalu banyak yang terjadi dan ada keanehan-keanehan yang menurut saya jarang saya temui di buku Christie. Hmm, intriguing.
Sebelum saya sampai di tahap ketika Christie menjabarkan jawaban misteri ABC, saya sempat sedikit heran dengan misteri ini. Dari beberapa buku Christie yang sudah saya baca, saya menemukan bahwa kasus pembunuhan yang diangkat Agatha Christie umumnya bersifat personal. Pelaku biasanya keluarga atau teman dekat, dengan motif harta atau bahkan cinta. Baru ini saya menemukan kasus pembunuhan dengan pelaku psikopat tanpa motif khusus selain kegilaan membunuh di novel Christie. That’s what make this book feels new and interesting.
Setelah saya sampai di setengah bagian akhir buku, saya paham kenapa saya bingung dan merasa aneh dengan kasus ini. Christie took red herring to a whole new level. Merasa tertipu? Iya sedikit. Semacam Pembunuhan Roger Ackroyd, tapi dalam bentuk yang berbeda. Pembunuhan ABC tidak mengecewakan. Faktor tidak terduga yang ada di akhir buku membuat saya memberi buku ini rating 4 out of 5. Recommended bagi yang suka baca misteri, atau mau coba baca misteri.  


No comments :

Post a Comment